LPPM Itera

Persiapan Pelaksanaan Teknis KKN PPM Periode ke-13, Fokus Pengentasan Kemiskinan dan Ketahanan Pangan Kabupaten Tanggamus

Agenda pembekalan KKN PPM periode ke-13 merupakan salah satu rangkaian persiapan sebelum pemberangkatan mahasiswa KKN. Kegiatan pembekalan ini dilaksanakan pada Selasa, 07 Mei 2024 di aula Gedung Kuliah Umum 1 Institut Teknologi Sumatera. Kegiatan ini dihadiri oleh 350 mahasiswa yang mengikuti kegiatan KKN PPM.

Kegiatan ini dibuka oleh Rektor ITERA, Prof. Dr. I Nyoman Pugeg Aryantha. Dalam kesempatan ini, hadir sekertaris LPPM Dr. Muhammad Fatikul Arif, S.T., M.Sc. beserta jajaran pemerintah kabupaten Tanggamus. Membuka pembekalan kegiatan KKN PPM ke-13 ini, beliau berpesan ada yg diberikan dari mahasiswa kepada masyarakat yang merupakan bagian bentuk pengabdian dari universitas ke masyarakat. Selain itu, kegiatan KKN merupakan salah satu wahana bentuk pembelajaran softskill.

Pemberian materi dilaksanakan secara antusias diawali pemberian materi oleh Ir. H. Suaidi, MM., diikuti pemaparan Yulia Kusuma Wardani, S.H., LL.M dan sesi penyampaian SOP KKN oleh Teny Sylvia, S.TP., M.Sc selaku ketua KKN ITERA. Bapak Ir. H. Suaidi, MM adalah asisten 1 bidang pemerintahan dan kesejahteraan masyarakat Pemerintah Kabupaten Tanggamus yang memberikan materi yaitu “Upaya Pengentasan Kemiskinan melalui Ketahanan Pangan dan Kemandirian Desa di Kabupaten Tanggamus”. Pada kesempatan tersebut, beliau berharap masyarakat desa/pekon mampu merasakan kehadiran para mahasiswa pada kegiatan KKN ini. Bapak Suaidi menyampaikan potensi dan permasalahan di Tanggamus yang diharapkan menjadi dasar mahasiswa dalam membuat program kerja.

Pemberian materi selanjutnya pada sesi pertama dilakukan oleh ibu Yulia Kusuma Wardani, S.H., LL.M yang menyampaikan materi tentang penyusunan program kerja KKN. Ibu Yulia menyampaikan jika peran mahasiswa KKN adalah sebagai fasilitator, motivator, inisiator, agent of change (agen perubahan) dan penghubung antar sistem sehingga perlu komunikasi yang kuat dengan pemerintah daerah. Materi yang disampaikan yaitu bagaimana melakukan identifikasi masalah dan faktor penyebab sampai mengembangkan potensi yang ada di desa. Mahasiswa dapat melakukan iidentifikasi masalah pada saat survey KKN dengan melakukan pendekatan sosial. Sebelum sesi pertama ditutup, dilakukan sesi tanya jawab dari mahasiswa kepada para pemateri. Penyampaian materi SOP KKN PPM ke-13 oleh Teny Sylvia, S.TP., M.Sc selaku ketua KKN ITERA. Prosedur operasional standar ini dijabarkan terkait alur pelaksanaan, penyusunan rencana proposal, persiapan program kerja sampai ke tata tertib.  Beliau menyampaikan harapan untuk mahasiswa mampu membuat program kerja yang berbasis teknologi yang mampu menjaga nama baik ITERA. Agenda tersebut diiringi pemberian plakat kepada seluruh narasumber oleh Prof. Dr. I Nyoman Pugeg Aryantha, disertai foto bersama mengabadikan momen untuk mengawali pembekalan mahasiswa KKN PPM Periode ke-1 tahun 2024.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *