LPPM Itera

Astronomy Competition: Lomba Cerdas Cermat Astronomi Tingkat Nasional 2023

Pada hari Jumat, 25 Agustus 2023 telah dilaksanakan Lomba Cerdas Cermat Astronomi Tingkat Nasional di Aula Gedung Kuliah Umum Institut Teknologi Sumatera (ITERA) yang diselenggarakan oleh Observatorium Astronomi ITERA Lampung (OAIL). Lomba ini dibagi menjadi dua kategori yaitu untuk Siswa SMP dan SMA/Sederajat yang diselenggarakan dalam skala nasional. Terdapat 5 Tim SMA dan 5 Tim SMP yang berhasil lolos masuk ke babak final hari ini. Tim tersebut berasal dari SMAN 4 Denpasar, SMAS AL Kautsar Bandar Lampung, SMANU Mohammad Husni Thamrin Jakarta, MA Al Fatah Natar, SMAN 2 Bandar Lampung, MTSN 2 Bandar Lampung, SMPS Al Kautsar Bandar Lampung, dan MTSN 1 Pringsewu.

Acara diawali dengan laporan dari Ketua Pelaksana Acara yaitu Bapak Alka Budi Wahidin, S.Si., M.Si. dan sambutan Kepala OAIL yaitu Bapak Dr. Moedji Raharto. Harapannya semua peserta lomba dapat memperoleh pengetahuan terkait alam semesta. “Mudah-mudahan para peserta lomba hari ini nantinya dapat berkontribusi dalam memberikan ilmu pengetahuan/teknologi baru sehingga bermanfaat bagi kehidupan manusia di dunia” ujar Bapak Dr. Moedji Raharto.

Acara dilanjutkan dengan sambutan sekaligus pembukaan dari Sekretaris Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) ITERA yaitu Bapak Dr. Muhamad Fatikul Arif, S.T., M.Sc. Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa para peserta hari ini adalah calon-calon penerus bangsa dalam bidang sains khususnya astronomi. Beliau juga mengapresiasi para peserta lomba yang berhasil masuk ke babak final dan berharap para penerus bangsa ini dapat menjadi Agen Climate Change untuk memastikan bumi tetap layak ditempat di masa mendatang.

Pada babak final ini terdapat 3 skema tes yaitu Babak Gong Tes, Babak Cerdas Cermat dengan tipe soal bergilir, dan Babak Cerdas Cermat dengan tipe soal rebutan. Namun apabila terdapat skor seri maka akan dilanjutkan dengan Babak Tambahan untuk menentukan pemenang lomba. Lomba berlangsung sengit antara peserta satu dengan yang lainnya, hingga jumlah skor yang didapatkan saling berkejaran.

Lomba Cerdas Cermat Astronomi Tingkat Nasional Kategori SMP dimenangkan oleh Tim Alnair dari MTSN 2 Bandar Lampung sebagai Juara Pertama dan dilanjutkan dengan Juara Kedua dan Ketiga yaitu dari Tim Cap Kaki Tiga (SMP Al Kautsar Bandar Lampung) dan Tim Adhara (MTSN 2 Bandar Lampung).

Adapun Lomba Cerdas Cermat Astronomi Tingkat Nasional Kategori SMA berhasil dimenangkan oleh Tim Pasukan Pak Dewa dari SMAN 4 Denpasar, Juara Kedua dari Tim Arcturus (SMA Al Kautsar Bandar Lampung), dan Juara Ketiga dari Tim Perang Angkasa (SMANU Mohammad Husni Tamrin Jakarta).

Kegiatan diakhiri dengan pemberian hadiah berupa teleskop, medali, sertifikat, Uang Tunai, dan foto bersama kepada para pemenang lomba.

Keseruan LCC OAIL 2023 dapat ditinjau kembali melalui kanal YouTube OAIL ITERA dengan link https://www.youtube.com/live/WsNlDAq3Ifc?si=u2fwj6FTVh4M3BCw

Daftar nama dan skor finalis LCC OAIL 2023

Kategori SMA Sederajat
ScoreAsal SekolahNama PesertaNama Pembina
250SMA Negeri 4 DenpasarDhiwa Hafizh Wirianputra
I Putu Wahyu Jati Kacanegara
Kadek Ariel Sugiartawan
I Dewa Gede Putra Ardinata, S.Pd., M.Pd
151SMA S Al Kautsar Bandar LampungFarid Dzaky Ahmad
Meylin Sabrina
Devina Auliya Saputri
Supardi, M.Pd.
110SMANU Mohammad Husni ThamrinMuhammad Bani Ikram
Atharizz Muhammad Revalnino Ginanjar
Pandya Hadi Rendra Suwardana
Ivada Noviyanti
45SMA NEGERI 2 Bandar LampungZaskia Nabila Putri
Nur Aslamia
Shayla Carissa Aurelia
Ato Suharto
15MA Al-Fatah, NatarAde Mukminatul Afifah
Dista Azahra
Julia Agustia Cahyani
Misbahuddin Nur
Kategori SMP Sederajat
332MTs Negeri 2 Bandar LampungRachel Faradhilla Rasya
Nabila Ayu Putri
Muhammad Sulthan Zahid
Eka Wulandari, M.Pd.
311SMP S Al KautsarEvanbriano Regananta
Majid Adelmo Gunnar
M. Firhan Ghani Purwono
Fatoni Latif
94MTs Negeri 2 Bandar LampungCallula Aprilia
Chantika Putri Santiki
Azzahra Syifa Salsabila
Desti Anggistia, S.Pd.
83MTSN 1 PringsewuMuhammad Adly Hadiyastama
Alifa Dzakia Naswa
Aqila Fahrassya Narantaya
Eka Devi Safitri
38MTs Negeri 2 Bandar LampungM. Irsyad Faridz Dwiryan Sukma
Muhammad Said Abdurrahman
Muhammad Arsyad
Desti Anggistia, S.Pd.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *