Pelatihan Laman Pekon Informatif (LamPIom) sebagai Sarana Promosi Potensi Lokal Wilayah Kota Agung Timur

Kamis, 30 September Tim Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) ITERA melakukan kegiatan PkM di kecamatan Kota Agung Timur, Tanggamus. Kegiatan yang bertajuk Pelatihan Laman Pekon Informatif tersebut dihadiri oleh perwakilan-perwakilan pekon di kecamatan Kota Agung Timur. Kegiatan dimulai tepat pukul 13.00 waktu setempat.

Pada kesepatan tersebut, acara dibuka langsung oleh Sekretaris Camat Kota Agung Timur yaitu Apandi, S. IP. serta dipandu oleh bapak Zoldimanto, S. IP. selaku Kepala Seksi Sosial Masyarakat. Apandi, S.IP menjelaskan bahwa kegiatan tersebut harus dimaksimalkan dan dimanfaatkan untuk masing-masing Pekon. Hal ini untuk menunjang keterbukaaan informasi maupun kemudahan akses potensi-potensi Pekon terkait. Pada acara pembukaan tersebut, Tim PkM ITERA dalam hal ini diwakili oleh Dani Al Mahkya, S.Si., M.Si. menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu dari Tri Dharma Perguruan Tinggi yang wajib dilaksanakan. Kegiatan ini diharapkan dapat berkelanjutan melalui diskusi-diskusi kecil secara daring di waktu yang akan datang.

Dr. Rifky Fauzi, M.Si., dan Aswan Anggun Pribadi, S.Si., M.Si. dari Prodi Matematika menjadi narasumber pada kegiatan tersebut. Pelatihan tersebut membahas secara detail tahapan penyusunan laman berbasis wordpress serta mengupas tuntas terkait dengan bagaimana menyisipkan informasi potensi desa, cara memasarkan produk secara digital, serta menyusun laman informatif dan mudah dipahami oleh pengguna maupun masyarakat.

Kegiatan tersebut diharapkan dapat menjadi jembatan yang ideal antara atmosfir akademik kampus dengan keadaan maupun potensi daerah masing-masing. Kegiatan ini akan dilanjutkan secara berkelanjutan melalui diskusi-diskusi di waktu yang akan datang.